Monday, December 16, 2019

Sky Garden Paris van Java


“Changi Airport” di Bandung


Nama Changi aiport mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan, bukan hanya wisatawan mancanegara yang sering bolak-balik Singapore, baik untuk mengunjungi negeri tersebut ataupun hanya untuk transit, melainkan juga wisatawan lokal yang sama sekali belum pernah ke luar negeri. Bagaimana tidak? Changi airport sangat gencar beriklan, khususnya di media sosial. Aku pribadi saja entah sudah berapa kali terpapar iklannya di Instagram dan Facebook.

Changi airport merupakan satu-satunya bandara di negara Singapura. Bandara ini terkenal bukan hanya karena menjadi hub atau transit bagi banyak maskapai penerbangan, tetapi juga karena keindahan bandara itu sendiri. Changi memang dirancang dengan sangat cantik dan canggih. Baru-baru ini, Changi membuka Jewel Changi Airport, sebuah kompleks hiburan bertema alam.

Highlight dari kompleks hiburan ini adalah Rain Vortex, air terjun buatan tertinggi di dunia. Selain air terjun spektakuler ini, ada berbagai atraksi lain di Changi aiport, misalnya taman kupu-kupu, lembah hutan Shiseido, taman bunga matahari, taman kanopi, dan masih banyak yang lainnya.


Sangat menakjubkan bukan? Pastinya pengen banget dong menikmati bandara terkeren dan tercanggih ini?

Nah, buat yang belum kesampaian main ke Changi, di Indonesia juga ada sebuah tempat yang sedikit mirip, walaupun tidak sekeren Changi. Nama tempat itu adalah Sky Garden Paris Van Java, sebuah tempat wisata yang berlokasi di kota Bandung.


Seperti halnya Changi, Sky garden PVJ ini juga memiliki air terjun indoor buatan. Meskipun tidak sebagus Rain Vortex, air terjun ini lumayan bagus juga. Suara airnya yang bergermuruh akan membuat kita seolah berada di sebuah desa di pegunungan. Selain itu, di dekat air terjun ini, ada taman bunga matahari yang sangat indah. Bunga matahari di sini sedikit berbeda dengan bunga matahari yang biasa kita temukan di dekat pantai di Yogyakarta. Tumbuhan bunga matahari di sini hanya memiliki satu bunga dan tidak bercabang-cabang, sehingga kelihatan rapi dan sangat cocok untuk tempat berfoto. Di taman bunga matahari ini juga ada beberapa jenis bunga lain yang tidak kalah cantik. Biaya masuknya tergolong terjangkau, yaitu 10 ribu rupiah perorang. Kita juga bisa menyewa topi dengan harga sewa 10 ribu rupiah per jam. Oh iya, kalau mau main-main di taman ini harus hati-hati ya, karena di sini banyak lebahnya. Jangan sampai karena mau foto cantik cium-cium bunga, malah jadinya dicium lebah hehe.

Bagi pencinta binatang, di Sky Garden PVJ ini juga terdapat mini zoo. Ada beberapa jenis burung, ada kura-kura, ada kambing dan domba, serta ada berbagai jenis kucing dan anjing. Hanya saja, untuk memasuki mini zoo dan berinteraksi dengan binatang-binatang di dalamnya, kita harus membayar tiket masuk yang lumayan mahal, misalnya 70 ribu rupiah untuk bermain dengan kucing dan 90 ribu rupiah untuk bermain dengan anjing. Jadinya waktu aku ke sini kemarin, cukup lihat dari luar saja.

Fasilitas lain yang juga ada di Paris Van Java adalah kids zone dan ice skating. Jadi bagi yang sudah merasa puas berfoto dengan bunga-bunga di taman bunga matahari dan bermain dengan binatang-binatang yang ada di mini zoo, bisa melakukan aktifitas lain seperti bermain di kids zone dan ice skating. Dan tentu saja yang juga tidak kalah penting, Paris van Java ini merupakan sebuah mall dengan jumlah vendor yang cukup banyak dan lengkap, bisa dijadikan pilihan untuk tempat shopping Anda. Happy shopping!!






No comments:

Post a Comment